Mendidik Anak Supaya Belajar Mandiri

Mendidik Anak Supaya Belajar Mandiri Dan Bertanggung jawab – Anak yang kurang mandiri cenderung bersifat manja biasanya akibat sifat orangtua yang selalu menyediakan sesuatu kepada anak-anaknya secara instan, tanpa melibatkan peran dari anak-anak tersebut. Yang jadi permasalahan yaitu bagaimana cara mendidik anak agar dia bisa mandiri dan bertanggung jawab?

Sikap orangtua yang tidak mau membuat anaknya repot dan berjuang, dapat berdampak pada sikap anak yang kurang dewasa atau tidak mandiri, dan selalu mengharapkan bantuan dari orang terdekatnya.

Anak bisa menjadi mandiri jika dia mempunyai rasa percaya diri yang dapat memupuk sejak mereka masih kecil, caranya supaya anak-anak bisa mandiri diantaranya :

  1. Ciptakan suasana didalam keluraga yang harmonis, agar hubungan antara anak dan orangtua tetap terjaga dengan baik.
  2. Menjelaskan pada anak tentang sesuatu yang baik dan buruk, sehingga anak kita dapat membedakan mana yang boleh dan mana yang tidak boleh.
  3. Mendidik anak supaya bertanggungjawab terhadap semua barang yang dimilikinya, Misal membersihkan mainan saat selesai saat si anak bermain, dan lain-lain.
  4. Mengajak anak cara menghargai dan mengenal waktu
  5. mengajari anak untuk membagi waktu, dengan cara membuat semacam jadwal kegiatan sehari-hari untuk anak
  6. Menjelaskan pada anak kita tentang tata tertib dan norma-norma dalam kehidupan sosial masarakat
  7. Memberikan tugas pada anak untuk merawat barang-barang miliknya
  8. Mendidik anak untuk mengakui kesalahan dan tidak berbohong (jujur)
  9. Berikan kebebasan pada anak untuk memilih sesuatu
  10. Mengajari anak untuk berhemat dan tidak memberikan uang jajan dengan jumlah besar
  11. Memasukan anak di Play group dan TK sebagai awal interaksinya dengan orang lain dan sesama teman sebayanya
  12. Melatih anak untuk tidur sendiri sejak kecil, diutamakan dengan lampu tidur yang terang agar anak tidak takut dengan kegelapan
  13. Mengajari anak cara membersihkan diri yang benar, termasuk mandi, sikat gigi, dan cuci tangan
  14. Melatih anak untuk membersihkan pakaian serta memakai sepatu
  15. Mengajari anak untuk menyisir rambut sendiri
  16. Mengajari anak untuk memilih pakaian yang sesuai dengan waktu dan tujuan dalam penggunaannya
  17. Mengajari anak cara merapihkan tempat tidur dan mengajurkan padanya untuk selalu merapihkan setiap kali bangun tidur
  18. Memberikan pendampingan saat anak mengalami masalah dengan pekerjaan sekolah maupun pekerjaan rumah
  19. Mendidik anak untuk memiliki tanggung jawab dimanapun, baik dirumah maupun di luar rumah
  20. Memberikan kebebasan pada anak untuk ikut serta dalam menyelasaikan pekerjaan yang ada di rumah
mendidik anak mandiri
mendidik anak mandiri

Kemandirian perlu anda ajarkan sedini mungkin kepada anak kita. cara mengajarkan anak mandiri dikarenakan beberapa alasan, salah satunya kesibukan orang tua dengan pekerjaan diluar rumah atau ketergantungan antara anak dan orangtua hingga sulit untuk anda melepaskannya.

Jika anak sudah mau memperlihatkan keinginan untuk mandiri dan bertanggungjawab, dorong ia untuk terus melakukannya. Kadang untuk menghindari anak dari rasa kecewa, karena hal yang sedang diupayakan anak terkesan “mustahil” kita buru-buru melarangnya hal ini akan mematahkan semangatnya dan membuatnya kehilangan motivasi untuk mandiri atau harapannya mengenai sesuatu yang ingin dicapainya, sebaliknya tunjukan bahwa orangtua sebenarnya mendukungnya untuk bersikap mandiri, namun ajukan alasan-alasan mengapa keinginan tersebut belum dapat dipenuhi.

Tanggung jawab dan melakukan tugasnya sendiri tanpa bantuan orang lain. Mulai dengan memberi penjelasan mengenai tanggung jawab, lalu ajari secara praktek, misal : biarkan anak mengerjakan sendiri pekerjaan rumah yang diberikan guru dan jangan membantu menyelesaikannya, cukup dampingi anak secara rutin dan beri arahan. Setelah itu beri anak tugas sesuai kemampuannya.

Bagi Orangtua yang ingin Mendidik anaknya menjadi mandiri dan bertanggungjawab bisa langsung memasukan anaknya ke Yayasan pendidikan Al-Ma’soem mulai dari TK nya sampe ke Perguruan tinggi kita ada, Semoga gambaran tersebut dapat membantu Orangtua menentukan pendidikan sekolah untuk anaknya yang lebih baik dan berkualitas.

http://almasoem.sch.id/

almasoem

Leave a comment